Kadang-kadang untuk berlibur bersama teman-teman kita akan kesulitan untuk menentukan waktu yang tepat karena kita punya kesibukan masing-masing dan satu-satunya waktu yang memungkinkan adalah saat liburan, tapi masalahnya jika kita berlibur saat musim liburan tentunya liburan itu tidak akan maksimal.

Untuk mengakali hal ini, kenapa kita tidak mencoba untuk liburan sendiri? Banyak hal baru yang bisa kita temukan ketika kita meberanikan diri untuk liburan sendiri. Tak perlu takut dan khawatir untuk liburan sendiri. Berikut beberapa tips bagi kamu yang inign mencoba liburan sendiri.

Tidak perlu perencanaan yang muluk-muluk

(sumber huffpost.com)

Karena kamu berlibur sendiri dan hanya akan mengurus dirimu selama liburan, kamu tidak memerlukan perencanaan yang terlalu mendetail. Bukan berarti kamu tidak memerlukan persiapan apa-apa namun persiapan mu cukup sampai memesan tiket perjalanan pulang-pergi dan memilih penginapan yang kamu inginkan sesuai dengan keinginanmu. Selanjutnya biarkan liburanmu menjadi petualangan tersendiri, hitung-hitung kita bisa mengasah insting kita sebagai manusia.

Gunakan aplikasi travelling

(sumber blog.edx.org)

Jaman yang semakin berkembang kini sungguh memudahkan kita semua. Sudah banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kita mempermudah perjalanan kita. kita juga bisa bergabung dengan komunitas yang berada di aplikasi tersebut, sehingga kita bisa menambah teman selama kita liburan dan bisa mendapat info tentang daerah yang kita kunjungi.

Contoh aplikasi yang bisa kita gunakan dan memudahkan perjalanan kita adalah PLUNQ, dimana kita bisa melihat berbagai acara dan atraksi, kita bisa membuat catatan perjalanan yang bisa dibagikan kesemua orang serta kita bisa mengikuti rute perjalanan orang lain.

Berkenalan dengan solo traveller lainnya

(sumber huffingtonpost.com)

Jangan malu untuk berkenalan dengan sesama solo traveler, kita bisa patungan dengan beberapa pelancong untuk menyewa akomodasi ke tempat wisata yang susah dijangkau atau tempat wisata yang mengharuskan kita masuk dalam satu grup.

Bawa uang cash secukupnya dan pergunakan dengan bijak

(sumber blog.edx.org)

(sumber optimisetravel.com)

Kita harus membawa uang cash secukupnya dan jangan lupa untuk menyimpan uang tersebut diberbagai tempat untuk alasan keamanan. Jangan terlalu boros dan hanya keluarkan biaya untuk hal-hal yang benar-benar kita butuhkan.

Jangan malas menikmati waktu bersama dirimu sendiri

(sumber rd.com)

Bangun pagi, membuat kopi sambil membaca buku dan nikmati kesendirian adalah hal yang mungkin jarang kita temui sehari-hari. Atau bagi yang ingin berkelana, siapkan sepatu atau alas kaki yang bagus dan pergilah berjalan tanpa arah sambil menikmati suasana daerah tempat tujuan kita bisa menjadi pengalaman yang tidak tergantikan. Liburan sendiri adalah waktu yang tepat bagi anda untuk memanjakan diri anda seusai dengan jati diri anda tanpa terkekang oleh orang lain.