Sarapan sangat penting bagi kita, apalagi saat liburan banyak energi yang akan kita gunakan. Spot sarapan di Jogja sendiri cenderung mengarah ke menu yang berkuah seperti soto.

Berikut adalah beberapa tempat makan yang bisa kita jadikan tempat kita menikmati sarapan sebelum melanjutkan liburan kita.

Soto Kadipiro

(sumber ragampariwisatajogja.wordpress.com))

Saat masuk ke dalam bangunan warung soto ini, kita akan melihat banyak sekali foto artis dan pejabat terpampang di dindingnya. Ya, soto ini memang menjadi salah satu tempat sarapan favorit di jogja. Bahkan mungkin salah satu legenda atau ikon dunia per-soto-an jogja. Tempatnya yang berada di pinggir jalan besar dan masih berada di area kota jogja sangat memudahkan kita untuk mencapainya.

Sop Ayam Pak Min Klaten

(sumber infomakan.com)

Ya namanya memang Sop Ayam Pak Min Klaten namun warung sop ini tersebar dimana-mana diberbagai penjuru Jogja. Cita-rasa sop yang gurih ditambah potongan bagian ayam yang bisa kita pilih sendiri tentunya akan membuat sarapan kita berkualitas. Tak perlu khawatir karena kita juga tidak akan susah menemukan gerai Pak Min di Jogja.

Saoto Bathok Mbah Katro

(sumber instagram triwidyatmoko)

Saya juga tidak tahu tapi memang di tulisannya bukan soto melainkan saoto. Keunikan dari soto yang satu ini adalah kita akan menyantap soto kita bukan menggunakan mangkok melainkan bathok/tempurung kelapa. Selain itu suasana persawahan juga akan menemani sarapan kita di tempat ini. Tempatnya sangat tepat untuk dijadikan pemberhentian sebelum menuju candi prambanan.

Soto Tan Yek

(sumber jalanjogja.com)

Tan Yek sendiri sebenarnya dalah singkatan dari wetan proyek atau dalam bahasa Indonesianya Timur proyek (proyek bangunan). Tempat sarapan ini wajib kita singgahi kalau kita berencana menuju daerah gunungkidul. Tempatnya tepat berada di pinggir jalan Jogja-Wonosari sebelum masuk Kota Wonosari. Soto ini menyajikan ayam kampung dan lenthok (semacam perkedel tapi terbuat dari singkong). Jangan lupa untuk mencicipi tempe gorengnya yang bikin nagih juga.