Jika kamu kebetulan berada di Jogja dan punya waktu liburan atau stay yang cukup lama dan ingin merasakan sensasi mendaki gunung, ada beberapa pilihan gunung yang bisa kamu daki dengan akses yang sangat mudah dari Jogja.

Gunung Merapi

(sumber instagram sl0w_walker)

Mungkin Merapi tidak terlalu cocok bagi kamu yang pertama kali mendaki, karena trek yang akan kamu lalui cukup sulit. Apalagi gunung ini merupakan salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Namun aksesnya sangat mudah dijangkau dari Jogja, memang semenjak erupsi tahun 2010 jalur pendakian dari selatan (dari Jogja) sudah ditutup namun kamu bisa dengan mudah menuju jalur pendakian sebelah utara (Selo, Boyolali)

Gunung Merbabu

(sumber exploregunung.com)

Gunung merbabu tepat berada di sebelah utara gunung merapi. Bedanya adalah gunung ini sudah tidak aktif lagi. Kamu juga bisa mendaki gunung ini dari Selo. Jadi bagi yang ingin melatih kemampuan bisa tuh mencoba mendaki merbabu dulu lalu langsung mendaki merapi kemudian. Gunung merbabu terkenal dengan padang edelwiess-nya yang sangat indah.

Gunung Lawu

(sumber detik.com)

Bergeser ke timur menuju perbatasan jawa tengah dan jawa timur, berdiri kokoh sebuah gunung yang masih sangat sakral tapi sering sekali didaki. Keunikan gunung Lawu adalah kamu tidak perlu capek-capek membawa perbekalan berlebih karena bahkan di puncak ini kamu bisa menemukan warung yang menjual nasi pecel. Gunung ini sering digunakan untuk ritual masyarakat Jawa dan Tionghoa sehingga pada waktu-waktu tertentu, bau dupa yang menyengat tak akan segan singah dihidungmu.

Gunung Sindoro

(sumber mytrip123.com)

Gunung yang satu ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi. Meski alam nya masih asri namun medan yang akan kamu lewati akan sangat berat. Sangat disarankan kamu mempunyai pengalaman mendaki gunung sebeblumnya.

Gunung Sumbing

(sumber kesiniaja.com)

Gunung ini adalah kembaran dari Gunung Sindoro dan yang memisahkan meraka hanyalah jalan raya Temanggung-Wonosobo. Gunung yang menurut legendanya menjadi sumbing karena di potong oleh hanuman (kera putih dalam kepercayaan Hindu) ini juga memiliki trek yag tak kalah sulit dengan kembarannya. Selain itu gunung ini juga masih berada dalam status aktif.